Game engine
merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat di rancang dalam pembuatan dan
pengembangan suatu game.game engine akan memberikan kemudahan dalam proses
pembuatan game.dalam prosesnya diawali
dengan sistem rendering,physic,arsitektur suara scripting,A.I, dan bahkan
sistem networking.
Dalam pembuatan
permainan di design untuk dapat bekerja pada konsol permainan video game dan
sistem operasi dekstop seperti Microsoft windows,Linux dan Mac OS.video game ini
menyediakan mesin render,untuk 2D dan 3D
grafis,suara,script,animasi,kecerdasan buatan,jaringan, manjemen
memori,threading,dukungan lokalisasi,dan adegan grafik.Proses pengembangan
permainan sering dihemat dikarenakan menggunakan kembali mesin permainan yang
sama untuk menciptkan permainan yang berbeda.
Sebuah game
engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar.yaitu API dan SDK.API merupakan
bagian operting system,services dan libraries yang diperlukan untuk
memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan.Dalam hal ini contohnya DirectX.
Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan
untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang
sama.
Game engine
mempunyai tipe-tipe diantaranya:
- Roll-your-own game engine
Game engine
tipe ini lebih disukai karena kemungkinan besar dapat digunakan gratis. selain
itu, game engine tipe ini memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam
mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine
mereka sendiri. Kelemahan dari tipe game engine ini banyak engine yang dibuat
dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya
- Mostly-ready game engines
Game engine
biasanya sudah memberikan fitur-fitur kepada developer game seperti GUI,
physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Engine ini memiliki
beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang
benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error
yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis
dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja
game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source
Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan
jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu
dan biaya dari para developer game.
- Point-and-click engines
Engine ini
merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly.
Developer game bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine
seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan
coding, sudah bisa merilis game. Kekurangannya terletak pada terbatasnya
jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya,
mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini
tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game
engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan. Game engine
ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman
dan merilis game-game mereka secepatnya
Unreal
Engine
Sejak
1998, GE keluaran Epic Games pertama digunakan untuk game Unreal, dan
dilanjutkan oleh game bernuansa Stealth Deus Ex (2000). Generasi pertama Game
Engine ini menunjukkan dunia yang gelap dan kelam. Beruntunglah kita para
PCGamer, karena dapat merasakan game-game dari Unreal Engine dengan Framerate
yang lebih stabil dibandingkan di console.
Tetapi, Unreal Engine 3 mengalami revolusi yang membuatnya menjadi GE yang menghasilkan Framerate stabil, Kualitas Grafis yang mantap, Dynamic Shadows, HDRR (High Dynamic Range Rendering), Depth of Field, dan penggunaan DX 11 secara maksimal. Semua game dengan Engine ini memang mengagumkan, dan nyaris semua bertema kelam, karena GE ini memang mengutamakan di Shadows.
Tetapi, Unreal Engine 3 mengalami revolusi yang membuatnya menjadi GE yang menghasilkan Framerate stabil, Kualitas Grafis yang mantap, Dynamic Shadows, HDRR (High Dynamic Range Rendering), Depth of Field, dan penggunaan DX 11 secara maksimal. Semua game dengan Engine ini memang mengagumkan, dan nyaris semua bertema kelam, karena GE ini memang mengutamakan di Shadows.
Rosbite
Engine
Bisa dibilang Game Engine ini adalah saingan IW Engine, karena Grafik yang
ditampilkan dalam Engine ini sangatlah dahsyat. Contoh game yang dibuat dengan
engine ini sendiri seperti Battlefield 3, Need For Speed The Run, Dll. Namun
game engine ini tidak mendukung dengan DX 9, dan juga Windows XP. Tetapi dapat
dimaklumi, karena engine ini menggunakan DX 11 secara maksimal, sayapun dibuat
kagum akan grafik dahsyat yang ditampilkan dari awal Battlefield 3 dimulai.
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar