Apakah
kalian sudah tahu tentang teknologi Augmented Reality (AR).kalau belum tau
disni aka dijelaskan apa itu tentang Augmented Reality . Augmented Reality adalah konsep pelapisan konten visual (i.e.
grafik) di atas pemandangan dunia nyata seperti yang terlihat melalui sebuah
kamera. AR mentransformasi perangkat mobile Anda ke dalam sesuatu yang
digambarkan sebagai suatu cermin ajaib dimana Anda dapat berinteraksi dengan
dunia nyata. Dalam banyak hal, Augmented Reality merupakan upaya untuk
menggabungkan elemen digital dengan benda-benda fisik. Di masa depan konsep ini
bisa digunakan pada shopping centre, di mana para pengunjung tidak perlu lagi
mencoba pakaian di kamar pas, tetapi pengunjung hanya perlu berdiri di depan
cermin dan cermin tersebut akan menampilkan bayangan anda lengkap dengan baju
yang telah anda pilih. Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking) Ada
beberapa metode yang digunakan pada Augmented Reality salah satunya adalah
Marker Based Tracking. Marker biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih
persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan
mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu
titik (0,0,0) dan 3 sumbu yaitu X,Y,dan Z. Marker Based Tracking ini sudah lama
dikembangkan sejak 1980-an dan pada awal 1990-an mulai dikembangkan untuk
penggunaan Augmented Reality. markerbasedar Markerless Augmented Reality Salah
satu metode Augmented Reality yang saat ini sedang berkembang adalah metode
"Markerless Augmented Reality", dengan metode ini pengguna tidak
perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital.
Contoh MARKER:
Seperti
yang saat ini dikembangkan oleh perusahaan Augmented Reality terbesar di dunia
Total Immersion, mereka telah membuat berbagai macam teknik Markerless Tracking
sebagai teknologi andalan mereka, seperti Face Tracking, 3D Object Tracking,
dan Motion Tracking. 1. Face Tracking Dengan menggunakan alogaritma yang mereka
kembangkan, komputer dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara
mengenali posisi mata, hidung, dan mulut manusia, kemudian akan mengabaikan
objek-objek lain di sekitarnya seperti pohon, rumah, dan benda-benda lainnya 2.
3D Object Tracking Berbeda dengan Face Tracking yang hanya mengenali wajah
manusia secara umum, teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua bentuk
benda yang ada disekitar, seperti mobil, meja, televisi, dan lain-lain. 3.
Motion Tracking Pada teknik ini komputer dapat menangkap gerakan, Motion
Tracking telah mulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi film-film
yang mencoba mensimulasikan gerakan. Contohnya pada film Avatar, di mana James
Cameron menggunakan teknik ini untuk membuat film tersebut dan menggunakannya
secara realtime. GPS Based Tracking Teknik GPS Based Tracking saat ini mulai
populer dan banyak dikembangkan pada aplikasi smartphone (iPhone dan Android).
Dengan memanfaatkan fitur GPS dan kompas yang ada didalam smartphone, aplikasi
akan mengambil data dari GPS dan kompas kemudian menampilkannya dalam bentuk
arah yang kita inginkan secara realtime, bahkan ada beberapa aplikasi
menampikannya dalam bentuk 3D. Salah satu pelopor GPS Based Tracking adalah
aplikasi yang bernama Layar. Branditeraction Augmented Reality Brand
Interaction Dengan menggunakan Augmented Reality yang menggabungkan antara dunia
maya dan dunia nyata, ini merupakan solusi yang sangat baik dan sangat
berpengaruh pada Brand Awareness bagi sebuah produk, sehingga meningkatkan
angka penjualan dari produk tersebut. Misalkan pada sebuah produk ponsel, calon
pembeli dapat berinteraksi dan mendapatkan informasi hanya dengan menggunakan
packaging produk ponsel tersebut, contohnya melihat model 3D ponsel atau dapat
mencoba fitur-fitur terbaru pada ponsel tersebut tanpa membuka segel packaging.
Bahkan dengan menggunakan Augmented Reality ini merupakan langkah baru dalam
penjualan sebuah produk. Future of Augmented Reality Tidak seperti Virtual
Reality yang bertujuan menggantikan persepsi dunia dengan yang buatan,
Augmented Reality memiliki tujuan untuk meningkatkan persepsi seseorang dari dunia
sekitarnya. Menjadi sebagian virtual dan nyata, teknologi antarmuka baru
Augmented Reality yang mampu menampilkan informasi yang relevan ini sangat
membantu dalam pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharaan, manufaktur,
militer, permainan dan hiburan. Augmented Reality memiliki banyak keuntungan
dibandingkan Virtual Reality karena pengguna dapat melihat dan menyentuh
benda-benda digital dan dapat berinteraksi dengan elemen-elemen digital. Dengan
menggunakan teknologi Augmented Reality berarti akan melahirkan jenis baru
interaksi antara manusia dengan komputer.
Contoh Augmented
Reality:
Gambar diatas
merupakan sebuah contoh Augmented Reality yang merupakan sebuah teknologi yang
dipakai pertama kali pada Surat kabar pertama di Asia Tenggara yang menggunakan
teknologi augmented reality adalah harian Kompas. Proyek tersebut telah
berhasil ditangani oleh AR&Co. AR&Co merupakan perusahaan yang bergerak
di bidang teknologi terdepan khususnya augmented reality dan sudah menangani
banyak proyek augmented reality di seputar Asia.
Melalui teknologi augmented reality, pembaca surat kabar akan mendapatkan pengalaman baru yang lebih interaktif. Dengan mengarahkan kertas surat kabar pada kamera, gambar dua dimensi (2D) pada kertas akan memperlihatkan suatu gambar yang hidup dan bergerak seperti video dan tiga dimensi (3D).
Melalui teknologi augmented reality, pembaca surat kabar akan mendapatkan pengalaman baru yang lebih interaktif. Dengan mengarahkan kertas surat kabar pada kamera, gambar dua dimensi (2D) pada kertas akan memperlihatkan suatu gambar yang hidup dan bergerak seperti video dan tiga dimensi (3D).
0 komentar:
Posting Komentar